Permainan Icebreaking “Saya”

Peserta menulis hal-hal tentangmereka untuk dilihat oleh anggota kelompok lainnya. Icebreaker ini cocok digunakan di awal pelatihan dimana para peserta tidak saling mengenal.

Tujuan 
1. Mendorong partisipasi peserta. 
2. Agar peserta saling mengenal satu sama lain.

Waktu yang dibutuhkan 
30-40 menit 

Jumlah peserta 
Tidak dibatasi. 

Materi yang dibutuhkan 
Selembar kertas untuk setiap peserta dengan tulisan ‗Saya adalah …‘ di atasnya. Sebuah pulpen untuk masing-masing peserta dan selotip atau peniti untuk memasang kertas itu di depan kaos atau baju peserta. 

Prosedur 
1. Bagikan kertas bertuliskan ‗Saya adalah …‘ dan pulpen untuk masing-masing peserta. 
2. Beritahukan kepada peserta mereka memiliki waktu 10 menit untuk menulis 10 jawaban pertanyaan tersebut. 
3. Setelah waktu persiapan habis, mintalah peserta untuk memasang kertas tersebut di depan kaos atau baju mereka kemudian berjalan mengelilingi ruangan sambil membaca kertas peserta lainnya. Tahap ini dilakukan tanpa bersuara. 
4. Setelah 10 menit para peserta diminta untuk berbicara dengan orang yang memiliki kertas yang kelihatannya menarik atau mereka boleh mengajukan pertanyaan yang mungkin muncul pada saat membaca lembaran tersebut. 

Poin diskusi 
1. Apakah ada seseorang yang menemukan orang dengan jawaban yang sama dengannya? 
2. Apakah orang merasa terancam menuliskan informasi tersebut dikarenakan orang lain akan membacanya? 

Variasi 
1. kalimat lain seperti ‗Saya ingin menjadi …‘, atau ‘10 hal yang saya sukai dari diri saya adalah …‘ dapat digunakan. 
2. Langkah 3 bisa dihapus. 

Post a Comment