Kreatifitas guru memang selalu dinanti untuk
menghidupkan susasana dalam kelas, sehingga semangat anak anak belajar selalu
tinggi dan pelajaran yang ingin disampaikanpun dapat diserap dengan baik tanpa
ada rasa beban pada anak anak, pada permaian ini sangat bagus unuk pelajar ips
tentang geografi nama ibu kota dan informasi lainnya. Dengan dalam game ini,
anak-anak seolah-olah diajak pergi Berkeliling ke berbagaiibu kota di seluruh
dunia dengan naik pesawat sambil menjawab pertanyaan tentang tujuan yang akan
dikunjungi.
Tujuan permainan
1.
Melatih kecepatan
dan kepekaan dalam merespon pertanyaan
2.
Melatih konsentarsi
dan menangkap makna pesan yang tersembunyi
3.
Melatih anak-anak
dalam mengenal ibu kota di seluruh dunia.
Waktu yang diperlukan dalam game ini
20-40 menit
Alat yang diperlukan
1.
Mainan anak-anak
berbentuk pesawat
2.
Peta dunia yang
besar
Pelaksanaan
1.
Seluruh anak yang
ikut dalam permainan ini dipersilahkan berdiri santai dengan posisi membentu
suatu lingkaran.
2.
Di luar lingkaran (
misalnya di papan tulis atau di dinding) ditempelkan peta dunia yang berukuran
BESAR.
3.
Pemandu beridiri di
tengah lingakaran tersebut dan memegang sebuah pesawat terbang mainan.
4.
Pemandu kemudian
menggerakan pesawat terbang dan secara acak menjumpai salah seorang anak sambil
berkata “saya terbang ke Ibu Kota Malaysia, Dimanakah Itu?”
5.
Lalu anak yang
ditunjuk tersebut harus bisa menjawab pertanyaan itu dalam waktu 10 detik.
6.
Jika anak itu bisa
menyebutkan dengan benar, dia boleh menjalankan pesawat terbagnnya dan menunju
kepada anak lain sambil mengajukan perntayan yang berbeda.
7.
Jika jawaban anak
yang pertama tadi salah atau tidak bisa menjawab, anak tersebut keluar dari
lingkaran dan menuju ke peta mencari jawabannya. Setelah itu kembali ke
pemandu.
8.
Proses berjalan
begitu seterunya dengan berganti-ganti sehingga semua anak-anak pernah
merasakan hal yang sama.
Diskusi
Melalu permainanini
beberapa hal penting yang dapat disampaikan sebagai berikut:
1.
Melatih konsentrasi
dan kepekaan anak dalam menanggapi serta menjawab berbagai pertanyaan tentang
ibukota-ibukota Negara di seluruh dunia.
2.
Pengetahuan,
pengenalan, dan pemahaman tentang ibukota suatu Negara menjadi mudah dan menari
dipelajari.
3.
Seandainya ada anak
yang salah, lupa, tidak tahu atau terlambat menjawab akan dirangsang untuk
mencari sendiri jawabannya dip eta dunia yang sudah disedikan sehingga langsung
bisa dikonfirmasi pengetahuannya dalam membaca peta.
4.
Anak-anak lain pun
bisa diberi kesempatan untuk memberitahu jawaban pertanyaan yang sedang
diberikan.
5.
Variasi permainan
ini dibuat secara beringkat atau bertahap, mulai dari kawasan atau benua Asia,
Lalu menuju Eropa, Afrika, Amerika dan seterusnya sehingga pemahaman lebih focus.
Post a Comment