Permainan dalam kelas matematika SD bab waktu “Jam berapa ini?”

Bermain sambil mempelajari tentang waktu bisa dilakukan bersama anak-anak melalui permainan ini, yaitu dengan cara memperhatikan dan mencoba sendiri dengan menggunakan berbagai jam yang sebenarnya.

Tujuan permainan
1.    Melatih konsetrasi anak dalam memahami suatu pesan
2.    Melatih anak-anak dalam memahami tentang waktu
3.    Melatih kemampuan, kecepatan, dan keterampilan anak-anak dalam menggunakan jam

Waktu yang diperlukan
30-45 menit

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, sehingga bisa seluruh kelas ikut bermain

Alat yang diperlukan
Aneka bentuk jam seperti jam dinding, jam meja, jam waker, serta jam digital

Pelaksanaan
1.    Seluruh anak-anak yang ikut dalam permainan ini dipersilahkan berdiri santai dengan posisi membentuk satu lingkaran besar.
2.    Pemandu beridiri di tengah lingkaran tersebut siap memulai acara sambil menyiapkan beberapa bentuk jam (jam dinding, jam meja, jam waker, serta jam digital )
3.    Pemandu memulai acara dengan mendatangi salah satu anak sambil membawa jam dinding dan berkata, “buatlah menjadi jam 8.30”.
4.    Lalu anak yang dituju tersebut harus bisa mengatur jam dinding yang disediakan sesuai perintah dalam waktu 10 detik.
5.    Jika anak itu bisa membuat wkatu dengan benar, dia boleh gentian menuju kepada anak lain yang dikehendaki sambil bertanya seperti contoh tadi, hanya saja diganti perintah waktunya tentunya.
6.    Jika jawban anakyang pertama tadi salah atau tidak bisa dan waktu sudah habis, anak tersebut mendapat hukuman dan proses kembali ke pemandu.
7.    Proses berjalan begitu seterusnya dan setiap lima anak mendapt giliran, pemandu mengambil alir dengan membuat jam petap pada waktu tertentu . (misalnya puku 07.00) lalu anak-anak serentak bersuara “teng-teng” sebanya seuai waktu yang ditunjukan tadi (yiatu sebanyak tujuh kali)
8.    Proses berlanjujt lagi seperti semula dan berganti-ganti sehingga semua anak pernah mendapatkan kesempatan yang sama.

Diskusi
·         Tanyakan kepada anak, apakah mereka menikmatinya
·         Bagi anak yang tidak bisa menjawab tanyakan alasannya kenapa tidak bisa, bisa karena gerogi,a tau memang belum bisa, dan mintalah yang paling sudah lancer untuk menjelaskan dengan caranya

·         Gunakan setidaknya dua jenis jam yaitu digital dan analog agar memastikan mereka bisa keduanya

Post a Comment