Sebuah permainan pramuka
juga cukup cocok dilakukan pada acara outbound game untuk kompetisi dalam
mendapatkan nilai dari satu group dengan group lain. Sebuah permainan yang
berjudul loncatan Anoman.
a. Tujuang Permianan
1.
Ketepatan Strategi
2.
Kecermatan Langkah
b. Alat
·
Tambang
·
Rafia untuk membuat kotak
nilai di atas tanah
·
Kertas yang berisi nilai (
semaking jauh dan susah posisi landasan kotak, maka nilainya semakin tinggi)
c. Pelaksanaan
1.
Loncatan Anoman dilakkan
dengan jumlah anggota yang sama untuk tiap-tiap kelompok, yaitu atara 3 sampai
10 orang per anggota.
2.
Satu per satu anggota
kelompok melompat dengan menggunakan tali dan berusaha bisa melompat sejauh
mungkin agar mendapatkan nilai yang tinggi
3.
Semua anggota kelompok
harus melakukan hal yang sama dan nilai akhir masing-masing anggota kelompok
diakumulasi.
d. Peraturan
1.
Pada saat mendarat, kaki
peserta harus jatuh dalam 1 kotak
2.
Kelompok yang mempunyai
akumulasi nilai tertinggi menjadi pemenangnya.
3.
Untuk pengembangan
permainan bisa ditambahkan bagi peserta yang jatuh tidak tepat menginjak pada
dalam kotak atau diatas garis rafia nilai dikurangi, sehingga setiap orang
bukan hanya mencoba untuk mengasilkan nilai tertinggi tapi juga musti tahu
seberapa bisa kemampuannya melakukan loncatan.
Post a Comment