Mari sebelum kita membahasa Media Pembelajaran Bahasa Inggris kita
bahas terlebih dahulu apa itu media pembelajaran. Media pembelajaran adalah
sebuah alat bantu dalam proses belajar
mengajar. Artinya Segala sesuatu yang dapat kita pergunakan
untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan kemampuan atau ketrampilan
pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang
effektif. Namun Pengertian Media Pembelajaran tersebut masih sangat luas,
sehingga belum ada batasan –batasan dari jenisnya.
Menurut pernyataan Briggs (1977) media pembelajaran adalah
sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film,
video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969)
jadi Media Pembelajaran adalah sebuah sarana untuk komunikasi dengan
bentuk cetak ,pandangan, maupun pendengaran. Jadi semua yang membantu proses
pembelajaran seperti pengeras suara atau speaker aktif misalnya
Mengingat proses
pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu unit
sistem, maka media pembelajaran dapat menempati posisi yang cukup penting
sebagai salah satu komponen dalam sistem proses pembelajaran. Media membuat
proses belajar lebih effektif dalam menyampaikan komunikasi
Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem
pembelajaran. Sedangkan Menurut Edgar Dale, dalam dunia
pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali
menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku
teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.
Ada beberapa jenis media
pembelajaran, diantaranya :
1. Media
Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2. Media
Audial : radio, speaker aktif, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3. Projected
still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan
sejenisnya
4. Projected
motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan
sejenisnya.
Namun kita juga musti mengerti bahwa media pembelajran itu sendiri
tidak mutlak menentukan hasil dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi sebuah
keberhasilan media pembelajaran adalah tergantung bagaimana cara menyajikan.
Missal saja (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik
penerima pesan yang perlu disesuaikan dengan metode pencapaiannya juga. Dengan
demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga
faktor tersebut. Maka dengan itu ketiga factor tersebut harus menjadi acuhan
dalam mengembangkan media pembelajaran untuk memberikan hasil yang maksimal.
Kemudian melihat
beberapa tujuan menggunakan media
pembelajaran, diantaranya adalah :
Ø mempermudah proses
KBM
Ø meningkatkan efisiensi KBM
Ø menjaga
relevansi dengan KBM
Ø membantu konsentrasi mahasiswa
MEDIA PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS
Selanjutnya point aritikel hari ini adalah media pembelajaran
bahasa Inggris. Bahasa adalah sebuah alatkomunikasi baik tertulis maupun lisan.
Untuk mengajarkan bahasa inggris tentunya juga membutuhkan media pembelajaran
agar membantu siswa memperoleh gambaran dan konsep baru. Sebenarnya media
pembelajaran untuk bahasa inggris sangatlah banyak, akan tetapi guru haruslah
selektif dalam memilih disesuaikan dengan kondisi dan audience seperti yang
sudah dibahas sebelumnya.
Beberapa media
pembelajaran bahasa inggris pada kesempatan kali ini yang ingin saya paparkan
sebagai berikut:
1. White
Board ( Papan Tulis Putih )
Ini adalah media pembelajaran yang paling kuno dimana hanya sebuah
papan tulis dengan permukaan putih yang mengkilap dimana hanya menggantikan
posisi dan fungsi blackboard dimana dulu masih menulis menggunakan kapur. Namun
jelas masih cukup effektif digunakan apalagi ditambah dengan sepidol warna
untuk member perhatian perhatian tertentu pada setiap materi yang penting.
·
Anda akan memerlukan
·
spidol boardmarker jangan permanen sehingga tulisan dengan mudah
dihapus.
·
Penghapus atau spon ,bisa juga kain bekas berbahan catton untuk
membersihkan papan. Karena white board adalah media pembelajaran yang paling
klasik saat ini sehingga anda membutuhkan ekstra latihan dan kreatif
mendapatkan idea untuk membuat papa itu menjadi benda emas yang menarik bagi
peserta didik. Seperti penempatan warna, posisi besar, penulisan vertical dan
herisontalnya.
Untuk sebuah antisipasi dalam pembelajaran menggunakan whiteboard
agar tidak membosankan, pastikan anda sudah membuat ringkasan dari meteria yang
inggin disampaikan untuk ditulisakan dipapa tulis. Buatlah diagram atau bentuk
lain yang mempermudahkan dan memadatkan informasi sehingga tidak begitu
membutuhkan daya tinggi untuk menghafal. Namun sebenarnya seperti halnya kertas
putih whiteboard bisa menggantikan apa saja selama anda mempunyai kemampuan
untuk mengembangkannya. Seperti halnya anda bisa membuat gambar sederhana
seperti komik bercerita untuk menggambarkan ilustrasi atau konten yang sedang
dijelaskan.
2. Poster
Nah bagi anda yang tidak mempunyai kemampuan menggambar dalam
whiteboard apalagi dalam waktu yang cepat untuk membantu menggambarkan posisi
dan gambaran materi anda bisa menggunakan media poster. “Poster adalah Sebuah
perangkat bergambar dirancang untuk eyes catching dan berkomunikasi cerita,
fakta, atau ide, dengan cepat dan jelas. ”
poster A adalah
“plakat, biasanya bergambar atau dekoratif, memanfaatkan daya tarik emosional
untuk menyampaikan pesan yang ditujukan untuk memperkuat sikap atau mendesak
tindakan “. Untuk pembelajaran Bahasa Inggris penggunaan poster dapat
memperkuat pemahaman siswa akan sebuah materi.
Seperti yang kita ketahui Poster bisa digunakan sebagai
representasi grafis dari beberapa daya tarik emosional yang kuat yang dilakukan
melalui kombinasi bantu grafis seperti gambar, kartun huruf-huruf dan seni
visual lainnya pada plakat. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan
tertentu, mengajar hal tertentu, memberikan gambaran umum dll. Poster
memberikan pengaruh besar pada pemahaman para siswa di kelas. Kembali lagi
semua itu ke kreatifitas anda mengemasnya.
3. Flashcard
Flash cards adalah kartu kecil dengan gambar atau simbol dapat
digunakan baik dalam mengajar dan dalam pekerjaan pembangunan. Ketika kita
membawa, flashcards biasanya digunakan paling baik untuk mengajar “Vocabulary”
atau “Reading”.
Sebuah gambar, misalnya,
gajah dapat ditarik atau terjebak pada kartu dan kata. Gajah’ yang ditulis di
bawahnya atau pada kartu yang berbeda. Para siswa didorong untuk
mengasosiasikan gambar dan kata-kata melalui berbagai ‘tampilan dan mengatakan’
kegiatan dan permainan, misalnya, Kim permainan, Pasangan, dan sebagainya.
Dalam mengajar dan pengembangan, flashcards mungkin memiliki gambar simbol
ditarik atau dicat pada mereka. Mereka sangat berguna untuk merangsang diskusi
dalam kelompok kecil, serta untuk berbagi informasi dan mengingatkan
orang-orang dari proses direkomendasikan denganposter, penelitian situasi lokal
dan pra-menguji mereka.
Yup, itu yang bisa saya
bagi pada kesempatan ini. Terima kasih.
Post a Comment