Sebelum kita mulai belajar membuat soal , atau membaca
tutorial cara mebuat soal dengan macromedia flah player 8 harusnya kita
mengetahui penjelasan terlebih dahulu dalam pengenalan dengan aplikasi
macromedia flash player itu sendiri. tapi terkadang jarang tutorial memulai
dari dasar sekali, maka pada kesempatan kali ini saya memberikan dasar terlebih
dahulu sebelum memulai ke langkah tutorial agar tidak kehilangan jejak ketika
mencoba mengikuti langkah-langkah pada tutorial hanya karena kita tidak tahu
letak tombol yang dimaksud dan termasuk fungsinya. langsung saja lihat gambar
dibawah ini kemudian penjelasnnya mengikuti dibawahnya.
Menubar
|
: Berisi perintah-perintah
umum yang sering digunakan untuk mengoperasikan.
|
Toolbox
|
: Berisi
perangkat utama untuk menggambar yang
terdiri dari empat
bagian yaitu ; Tools,
View, Colors, Options.
Tools terdiri dari Selection Tool yang berguna untuk memilih
obyek, Subselection Tool yang berguna
untuk memilih bagian obyek, Free Transform tool yang
berguna untuk merubah ukuran, memutar obyek,
line tool untuk menggambar garis, lasso tool untuk memilih obyek
secara bebas, pen tool untuk menggambar obyek secara bebas dengan pen,
text tool untuk
menuliskan teks, oval
tool untuk menggambar
obyek oval, rectangle tool
untuk menggambar obyek bersegi, pencil tool untuk membuat kurva, brush tool untuk
menggambar obyek berbentuk jejak, ink bottle
tool untuk mengisi warna obyek garis, paint bucket
tool untuk mengisi warna obyek
isi dan eraser
tool untuk menghapusbobyek.
View terdiri dari hand
tool untuk menggeser
stage, zoom tool
untuk memperbesar dan memperkecil tampilan stage.
Colors terdiri dari stroke color untuk mengisi warna pada
garis, fiil color untuk mengisi warna pada
isi obyek.
Option terdiri dari
pilihan-pilihan dari tool yang sedang dipilih.
|
Stage
|
: Merupakan tempat kerja.
Hasil dari stage merupakan tampilan hasil saat program flash dijalankan.
|
Timeline
|
: Berisi tampilan stage yang tersimpan dalam
frame-frame. Timeline berguna untuk
mengatur waktu tampilan
per frame. Secara default, frame akan dijalan dalam kecepatan 12 frame per
detik (12 fps).
Timeline menyediakan layer
yang merupakan lapisan-lapisan transparan
dari frame. Layer berguna untuk mempermudah pembuatan animasi.
|
Library
|
: Berisi
kumpulan obyek gambar
yang telah ada
maupun yang tersimpan
dalam program flash. Library dapat diibaratkan seperti sebuah pustaka.
|
Properties
|
: berisi informasi dan bagian yang dapat diperlakukan
terhadap obyek terpilih.
Colors berisi tentang mengatur warna, transparansi
warna. Color berada diatas library.
|
Post a Comment