Aplikasi untuk Membuat Soal yang Membantu Guru untuk Mengoreksi Hasilnya Secara Otomatis

Apabila anda sedang mencari aplikasi seperti judul diatas maka saya sarankan untuk mencoba macromedia captivate. Macomedia captivate dapat menjadi pilihan dalam pembuatan alat pembelajaran interaktif yang bagus dan mudah untuk dipelajarinya. Software ini juga dapat digunakan untuk membuat soal-soal ulangan harian atau hanya sekedar sebagai latihan bagi siswa, dan dapat juga dijadikan untuk membuat desain publikasi, presentasi, atau juga kuisioner yang interaktif.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sekilas cara penggunaan program macromedia ceptivate terutama dalam pembuatan model soal-soal yang dapat dibuat oleh program ini, kemudian cara pembuatan pembelajaran interaktif bagi siswa, presentasi dan banyak lagi yang bias dilakukan dengan aplikasi ini.
Berikut penjelasan dalam pengaturan seting movie masing-masing desain yang kita buat.

A. Membuat desain soal multiple choise
Multiple choise merupakan soal pilihan ganda yang memerlukan satu jawaban yang benar dari beberapa pilihan yang tersedia. Tipe soal ini yang paling sering kita jumpai dalam soal harian siswa atau soal ujian semester atau ujian sekolah. Biasanya bentuk soal ini sering dibuat oleh guru atau dosen yang materinya banyak berhubungan dengan teori-teori.
Bila kita buatkan soal pilihan ganda dengan menggunakan program mc ini akan membantu dalam pemeriksaan jawaban, karena begitu siswa selesai mengerjakan maka nilainya akan langsung tampil diakhir jawaban. Kemudian kita dapat melihat dan menganalisis soal manakah yang paling banyak tidak bisa dijawab oleh siswa. Bila siswa ulangannya kurang dari skbm maka siswa tersebut dapat mengerjakan secara berulang-ulang dijadikan sebagai latihan.

B. Membantu menganalisi soal yang paling susah dijawab atau materi yang belum deserap dengan baik oleh anak didik.
Seperti yang sudah disinggu diatas. Aplikasi ini setelah dijalankan oleh siswa akan memberi data kepada kita tentang nilai dan jawaban termasuk soal mana saja yang kebanyakan tidak bisa dijawab oleh anak-anak. Sehingga kita bisa menggolongkan dalam bentuk yang sudah dikuasai dan belum, serta refrensi yang akurat untuk membuat soal berikutnya.

*Note
·        aplikasi tersebut hampir sama dengan kegunaan aplikasi Macromedia Flashplayer 8 .
·        untuk penggunaan dalam jaringan, penulis belum pernah mencoba. akan tetapi peserta dapat menyimpan hasilnya pada file untuk analis ulang
·        informasi tutorial bisa dinanti pada tombol tutorial di option toolbar.

·        terima kasih.

Post a Comment