Media
pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup
luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia danmetode
yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan
menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan
isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian
menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media
pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar,
termasuk teknologi perangkat keras.
Posisi media
pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan
berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang
cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media,
komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi
juga tidak akan bisa berlangsung secara...Media pembelajaran adalah
komponen integral dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di
atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta
didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta
didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia
pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip
Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar
yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.
Ada beberapa jenis media
pembelajaran, diantaranya :
·
Media Visual :
grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
·
Media Audial :
radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
·
Projected still
media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
·
Projected motion
media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya
bukan media pembelajaran itu sendiri yang
menentukan hasil belajar.
Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran
untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara
menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam
memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor
tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan
hasil yang maksimal.
Tujuan
menggunakan media pembelajaran :
Ada beberapa tujuan menggunakan
media pembelajaran, diantaranya yaitu :
-
Mempermudah
proses belajar-mengajar
-
Meningkatkan
efisiensi belajar-mengajar
-
Menjaga
relevansi dengan tujuan belajar
-
Membantu
konsentrasi mahasiswa
-
Menurut Gagne :
Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
-
Menurut Briggs :
Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
-
Menurut Schramm
: Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
-
Menurut Y.
Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Tidak diragukan
lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini
masih ada guru yang belum menggunakan media, itu hanya perlu satu hal yaitu
perubahan sikap. Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan
kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang
terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat
mengembangkannya secara tepat dilihat
dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa untuk menentukan media
pembelajaran tersebut.
Sedangkan Effektif sendiri artinya adalah
dapat membawa Hasil yang nyata. Sehingga Media Pembelajaran yang effektif
adalah media Pembelajaran yang membawa hasil secara nyata atas penggunaan Media
dalam proses pembelajaran sehingga proses transfer ilmu dapat dilakukan secara
nyata dengan mengertinya peserta pembelajaran terhadap meteri tersebut.
Post a Comment